Pengertian fungsi dan contoh Resource sharing

 Pengertian Resource Sharing :



      Penggunaan perangkat keras secara bersama-sama oleh semua prosesor yang ada.resource shareing pada jaringan dapat dilakukan sharing file dan printer,fasilitas tersebut membuat,seseorang dapat mengakses printer maupun file yang ada dari komputer lain dengan resource sharing kita dapat berbagi data dengan komputer yang satu dengan yang lain .
Fungsi dan Tujuan Sistem Operasi Komputer
-Efisiensi : operasi resource sharing memungkinkan sumber daya sistem komputer untuk lebih efisien
-Kemudahan : sistem operasi resoure sharing membuat komputer lebih mudah dipakai dan           memberikan kenyamanan untuk pengguna.
-Kemampuan berevolusi : sistem operasi dalam resource sharing harus disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengembangan yang efektif, pengujian, dan penerapan fungsi-fungsi sistem yang baru tanpa mengganggu layanan yang telah ada.
Konfigurasi Beserta pengujian hasil file sharing ;
Sharing File dari Linux ke Windows dengan SAMBA

Samba
merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi ntuk melakukan sharing, misal dari linux ke windows
berikut ini adalah konfigurasinya .
# apt-get install samba

Selanjutnya buatlah folder / direktori yang selanjutnya akan kita sharing / bagikan ke komputer client, dengan mengetikkan perintah berikut :
# mkdir /root/sharing
selanjutnya rubahlah akses permission pada folder tersebut, agar dapat diakses, dibaca, dan ditulis oleh semua user, dengan mengetikkan perintah berikut :
# chmod 777 -R share
selanjutnya kita buatkan user & password (samba) yang akan mengakses folder / file yang akan kita sharing, dengan mengetikkan perintah berikut :
# useradd tamu
# smbpasswd –a tamu
Seperti halnya dengan protocol FTP, kita bisa membuatkan / menyediakan layanan samba dengan User-Mode danGues-mode (Anony Mode).  Perbedaan antara kedua mode tersebut adalah sebagai berikut :
User Mode : merupakan mode yang hanya dapat mengizinkan user tertentu yang dapat mengakses file yang kita sharing / bagikan.
Guest-Mode (Anony Mode) : merupakan mode yang mengizinkan semua user / pengguna untuk mengakses semua file yang kita sharing.
Sudah cukup jelas ??? bukan,… ok pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara menerapkan mode akses samba pada kedua mode diatas.
1. User Mode
lakukan konfigurasi pada file samba, yang terletak di (/etc/samba/smb.conf) dengan menggunakan file editor (pico).
# nano /etc/samba/smb.conf
Setelah masuk pada file editor (smb.conf) selanjutnya cari baris berikut :
# security = user
Selanjutnya hilangkan tanda hash (#) pada baris diatas. 
Keterangan :
Security = user : merupakan akses keamanan yang ditujukan untuk user / pengguna tertentu, artinya hanya pengguna tertentu / yang diizinkan yang dapat mengakses file yang akan dibagikan.
Selanjutnya lakukan pencarian pada baris “Share Definitions”, dengan mengetikkan tombol kombinasi (Ctrl + W) selanjutnya mengetikkan keyword diatas, atau seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut :
Keterangan :
path : merupakan direktori yang akan di share
browseable : hak yang diberikan kepada user, untuk dapat melakukan browse pada file / folder yang kita sharing.
writeable : hak akses tulis, agar pengguna dapat melakukan perubahan (edit) pada file yang disharing / bagikan.
valid users : merupakan user yang dapat / dizinkan untuk mengakses file yang dibagikan
admin users : merupakan user yang memiliki hak akses administrator terhadap file tersebut, secara default admin users dapat diisi dengan root.

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Kode biner

Tutorial crimping kabel rj 45 dengan benar